Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang


Dengan segala rasa CINTA dan RINDU kepada Junjungan kita semua, Kanjeng Nabi Muhammad -Shollalloohu 'Alaihi Wasallam-. Mari kita semua bersholawat,

اللـّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلـِّمْ عَلـَى سَـيِّـدِنـَا مُحَمَّدٍ وَّعَلـَى اٰلِهِ وَصَحْبـِهِ اَجْمَعِيْنَ


Semoga Hidup Kita Menjadi Lebih Barokah
Semoga Menjadi Insan yang dapat mempertahankan dan kian meningkatkan ibadah untuk memperoleh Ridho Allah -Subhaanahu Wata'ala-
Semoga kita semua dipertemukan dengan Rosululloh -Shollallohu 'Alaihi Wasallam- dan kelak mendapatkan Syafa'at Agung dari beliau di Akhirat.
Ammiin...

<'@II< maH-Taj ^_^ !!


Kamis, 30 Januari 2014

Kitab Zakat - Zakat Barang-barang Dagangan

Assalaamu'alaikum Warohmatulloohi Wabarokaatuh

Bismillaahirrohmaanirrohiim


***

- فصل - وتقوم عروض التجارة عند آخر الحول بما اشتريت به ويخرج من ذالك ربع العشر وما استخرج من معادن الذهب والفضة يخرج منه ربع العشر في الحال وما يوجد من الركاز ففيه الخمس.

Barang-barang dagangan dikalkulasikan pada akhir tahun dengan harga pembeliannya (harga modal). Jika telah mencapai nishob, maka wajib dikeluarkan zakatnya 2,5%.

Emas dan perak yang didapat dari hasil tambang, maka zakatnya dikeluarkan 2,5% pada saat itu juga. Jika emas dan perak itu didapatkan dari rikaz (harta karun), maka zakatnya 20%.

***

Penjelasan:

1.      Jika barang-barang dagangan itu dibeli dengan uang, maka ia dikalkulasikan dengan uang juga. Jika dibeli dengan emas, maka ia dikalkulasikan dengan emas juga. Jika dibeli dengan perak, maka ia dikalkulasikan dengan perak juga. Seperti inilah selanjutnya.

2.      Bukhori (1428) dan Muslim (1710) meriwayatkan dari Abu Huroiroh -rodhiyalloohu ‘anhu- dari Rosulullooh -Shollalloohu ‘Alaihi Wasallam-, beliau bersabda, “Zakat rikaz adalah seperlima (20%).

Rikaz (harta karun) adalah barang yang dikeluarkan dari timbunan pada masa jahiliyah; entah itu emas atau perak. Zakatnya dikeluarkan segera setelah mendapatkannya.


Walloohu A'lam Bishshowaab
Alhamdulillaahirobbil-'aalamiin

Wassalaamu'alaikum Warohmatulloohi Wabarokaatuh

Link yang Bersangkutan : KITAB AT-TAQRIB


<'@II<    maH-Taj    ^_^ !!          (29 Robi'ul Awal 1435 H)

0 PENDAPAT:

Posting Komentar

Silahkan Beri Pendapat dan Komentar, jangan sungkan, ana akan sangat senang menerima saran, keritik, atau apapun itu. Silahkaaan...

yAnG IkUt bLoG iNi :

Template by:
Free Blog Templates