Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang


Dengan segala rasa CINTA dan RINDU kepada Junjungan kita semua, Kanjeng Nabi Muhammad -Shollalloohu 'Alaihi Wasallam-. Mari kita semua bersholawat,

اللـّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلـِّمْ عَلـَى سَـيِّـدِنـَا مُحَمَّدٍ وَّعَلـَى اٰلِهِ وَصَحْبـِهِ اَجْمَعِيْنَ


Semoga Hidup Kita Menjadi Lebih Barokah
Semoga Menjadi Insan yang dapat mempertahankan dan kian meningkatkan ibadah untuk memperoleh Ridho Allah -Subhaanahu Wata'ala-
Semoga kita semua dipertemukan dengan Rosululloh -Shollallohu 'Alaihi Wasallam- dan kelak mendapatkan Syafa'at Agung dari beliau di Akhirat.
Ammiin...

<'@II< maH-Taj ^_^ !!


Sabtu, 07 Desember 2013

Kitab Zakat - Hasil Pertanian dan Buah-buahan

Assalaamu'alaikum Warohmatulloohi Wabarokaatuh

Bismillaahirrohmaanirrohiim



Hasil Pertanian

***
وأما الزروع فتجب الزكاة فيها بثلاثة شرائط أن يكون مما يزرعه الآدميون وأن يكون قوتا مدخرا وأن يكون نصابا وهو خمسة أوشق لا قــشر عليها.

Adapun hasil pertanian, maka syarat wajib zakatnya ada tiga:
1.      Sengaja ditanam manusia.
2.      Merupakan bahan makanan pokok yang bisa disimpan.
3.      Mencapai nishob, yaitu 5 wasaq tanpa disertai kulitnya.

***

Penjelasan :

Hasil Pertanian yang dizakati haruslah bahan makanan pokok yang memungkinkan untuk disimpan tanpa mengalami kerusakan. Yang dimaksud bahan makanan pokok adalah makanan yang biasanya dikonsumsi penduduk negeri. Tepatnya adalah gandum, padi-padian, kacang dan selainnya.



Buah-buahan

***
وأما الثمار فتجب الزكاة في شيـــئين منها ثمرة النخل وثمرة الكرم وشرائط وجوب الزكاة فيها أربعة أشياء الإسلام والحرية والملك التام والنصاب.

Buah-buahan yang wajib dizakati ada dua, yaitu: kurma dan anggur. Syarat wajib zakatnya ada empat:
1.      Islam.
2.      Merdeka.
3.      Buah-buahan yang wajib dizakati itu dimiliki secara sempurna.
4.      Mencapai nishob.

***

Penjelasan :

Abu Dawud (1603) dan Tirmidzi (644) meriwayatkan dari ‘Attab bin Usaid -rodhiyalloohu ‘anhu-, dia berkata, “Rosululloh -Shollalloohu ‘Alaihi Wasallam- memerintahkan menyortir anggur sebagaimana menyortir kurma. Zakatnya diambil dalam bentuk kismis (anggur kering) sebagaimana zakat kurma diambil dalam bentuk tamar (kurma kering).”

Maksud menyortir adalah menentukan tamar (kurma kering) dari kumpulan ruthob (kurma basah) dan kismis (anggur kering) dari kumpulan anggur.


Walloohu A'lam Bishshowaab
Alhamdulillaahirobbil-'aalamiin

Wassalaamu'alaikum Warohmatulloohi Wabarokaatuh

Link yang Bersangkutan: KITAB AT-TAQRIB


<'@II<    maH-Taj    ^_^ !!        (4 Shofar 1435 H)

0 PENDAPAT:

Posting Komentar

Silahkan Beri Pendapat dan Komentar, jangan sungkan, ana akan sangat senang menerima saran, keritik, atau apapun itu. Silahkaaan...

yAnG IkUt bLoG iNi :

Template by:
Free Blog Templates