Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang


Dengan segala rasa CINTA dan RINDU kepada Junjungan kita semua, Kanjeng Nabi Muhammad -Shollalloohu 'Alaihi Wasallam-. Mari kita semua bersholawat,

اللـّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلـِّمْ عَلـَى سَـيِّـدِنـَا مُحَمَّدٍ وَّعَلـَى اٰلِهِ وَصَحْبـِهِ اَجْمَعِيْنَ


Semoga Hidup Kita Menjadi Lebih Barokah
Semoga Menjadi Insan yang dapat mempertahankan dan kian meningkatkan ibadah untuk memperoleh Ridho Allah -Subhaanahu Wata'ala-
Semoga kita semua dipertemukan dengan Rosululloh -Shollallohu 'Alaihi Wasallam- dan kelak mendapatkan Syafa'at Agung dari beliau di Akhirat.
Ammiin...

<'@II< maH-Taj ^_^ !!


Minggu, 14 Oktober 2012

Kitab Sholat - Pakaian

Assalaamu'alaikum Warohmatulloohi Wabarokaatuh

Bismillaahirrohmaanirrohiim


***

ويحرم على الرجال لبس الحرير والتختم بالذهب ويحل للنساء وقليل الذهب وكثيره في التحريم سواء واذا كان بعض الثوب ابريسما وبعضه قطنا أ و كتانا جاز لبسه ما لم يكن الابريسم غالبا
Haram bagi laki-laki memakai sutra dan memakai cincin emas, tetapi keduanya halal bagi perempuan. Emas, sedikit maupun banyak, sama haramnya.

Jika sebagian pakaian terbuat dari sutra dan sebagian lainnya terbuat dari katun, maka boleh memakainya selama sutra tersebut tidak dominan.(1)

***


Penjelasan:
1.      Bukhori (5110) dan Muslim (2067) meriwayatkan dari Hudzaifah -rodhiyalloohu ’anhu-, dia berkata, ”Saya mendengar Rosululloh -shollalloohu ’alaihi wasallam- bersabda, ’janganlah kalian memakai sutra...’.”

Bukhori (5526) dan Muslim (2089) meriwayatkan dari Abu Huroiroh -rodhiyalloohu ’anhu- dari Nabi -shollalloohu ’alaihi wasallam- bahwa beliau melarang untuk memakai cincin emas.

Tirmidzi (1720) meriwayatkan bahwa Rosululloh -shollalloohu ’alaihi wasallam- bersabda,

حُرِّمَ لِبَاسُ الـْـحَرِيْرِ وَالذ َّهَبِ عَلـَى ذُكـُوْرِ ا ُمَّـتِيْ وَا ُحِلَّ ِلاِنـَاثِهـِمْ
Diharamkan memakai sutra dan emas bagi kaum laki-laki umatku, namun dihalalkan bagi kaum wanita mereka.

2.      Bukhori (5490) dan Muslim (2069) meriwayatkan dari ’Umar -rodhiyalloohu ’anhu- bahwa Rosululloh -shollalloohu ’alaihi wasallam- melarang untuk memakai sutra kecuali seperti ini. Dia mengisyaratkan dengan kedua jarinya di sebelah jempol. Perawi hadits berkata, ”Sepengetahuan kami, maksudnya adalah lukisan. Yaitu, garis-garis yang ada di pinggiran pakaian dan selainnya.”

Catatan:
(1) Bukhori (5490) dan Muslim (2069) meriwayatkan dari ’Umar -rodhiyalloohu ’anhu- bahwa Rosululloh -shollalloohu ’alaihi wasallam- melarang untuk memakai sutra kecuali seperti ini. Dia mengisyaratkan dengan kedua jarinya di sebelah jempol. Perawi hadits berkata, ”Sepengetahuan kami, maksudnya adalah lukisan. Yaitu, garis-garis yang ada di pinggiran pakaian dan selainnya.”

Walloohu A'lam Bishshowaab
Alhamdulillaahirobbil-'aalamiin


Wassalaamu'alaikum Warohmatulloohi Wabarokaatuh

Link yang Bersangkutan: KITAB AT-TAQRIB


<'@II<   maH-Taj   ^_^         28 Dzul Qo'dah 1433 H

1 PENDAPAT:

BlogS of Hariyanto mengatakan...

waalaikumsalam,
alhamdulillah..terimakasih sudah diingatkan...salam :)

Posting Komentar

Silahkan Beri Pendapat dan Komentar, jangan sungkan, ana akan sangat senang menerima saran, keritik, atau apapun itu. Silahkaaan...

yAnG IkUt bLoG iNi :

Template by:
Free Blog Templates