Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang


Dengan segala rasa CINTA dan RINDU kepada Junjungan kita semua, Kanjeng Nabi Muhammad -Shollalloohu 'Alaihi Wasallam-. Mari kita semua bersholawat,

اللـّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلـِّمْ عَلـَى سَـيِّـدِنـَا مُحَمَّدٍ وَّعَلـَى اٰلِهِ وَصَحْبـِهِ اَجْمَعِيْنَ


Semoga Hidup Kita Menjadi Lebih Barokah
Semoga Menjadi Insan yang dapat mempertahankan dan kian meningkatkan ibadah untuk memperoleh Ridho Allah -Subhaanahu Wata'ala-
Semoga kita semua dipertemukan dengan Rosululloh -Shollallohu 'Alaihi Wasallam- dan kelak mendapatkan Syafa'at Agung dari beliau di Akhirat.
Ammiin...

<'@II< maH-Taj ^_^ !!


Jumat, 13 April 2012

Kitab Sholat - Sholat Jama'ah

Assalaamu'alaikum Warohmatulloohi Wabarokaatuh


Bismillaahirrohmaanirrohiim

***
وصلاة الجماعة سنة مؤكدة وعلى المأموم أن ينوي الائتمام دون الإمام ويجوز أن يأتم الحر بالعبد والبالغ بالمراهق ولا تصح قدوة رجل بامرأة ولاقارئ بأمي وأي موضع صلى في المسجد بصلاة الامام فيه وهو عالم بصلاته أجزأه ما لم يتـقـدم عليه وإن صلى في المسجد والمأموم خارج المسجد قريبا منه وهو عالم بصلاته ولا حائل هناك جاز.

Sholat jama’ah hukumnya sunnah muakkadah. Seorang makmum harus berniat untuk menjadi makmum, sedangkan imam tidak harus berniat untuk menjadi imam.

Orang yang merdeka boleh bermakmum kepada budak. Orang yang baligh boleh bermakmum kepada murohiq. Laki-laki tidak sah bermakmum kepada perempuan. Begitu juga seorang qori’ tidak boleh bermakmum kepada orang yang ummi.

Di masjid mana pun seseorang mengerjakan sholat dengan mengikuti sholat imam, sementara dia mengetahui sholat imam tersebut, adalah boleh selama posisinya tidak lebih maju dari imam. Apabila imam mengerjakan sholat di dalam masjid, sementara makmum mengerjakan sholat di luar masjid tetapi masih dekat dari imam, mengetahui sholat imam, dan tidak ada dinding/penghalang di situ, maka hukumnya boleh.

***

Penjelasan :

1.      Hukum sholat jama’ah ini berlaku bagi laki-laki maupun perempuan. Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Bukhori (619) dan Muslim (650) dari ’Abdulloh bin ‘Umar -rodhiyalloohu ‘anhumaa- bahwa Rosululloh -­shollallohu ‘alaihi wasallam- bersabda,

صَلاَةُ الـْجَمَاعَةِ تـَفـْضُلُ صَلاَةَ الـْفـَذ ِّ بـِسَبْعٍ وَعِشْرِيْنَ دَرَجَة ً.
Sholat berjama’ah lebih utama daripada sholat sendirian sebanyak dua puluh tujuh derajat.

Pendapat yang paling benar bahwa hukum sholat jama’ah adalah fardhu kifayah bagi laki-laki yang mukim agar terlihat syi’ar Islam. Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud (547) dan dinyatakan shohih oleh Ibnu Hibban (425),

مَا مِنْ ثـَلاَثـَةٍ فِيْ قـَرْيَةٍ وَلاَ بَدْوٍ لاَتـُقـَامُ فِيْهـِمْ الصَّلاَةُ اِلاَّ قـَدْ اسْتـَحْوَذَ عَلـَيْهـِمْ الشَّيْطـَانُ.
Apabila ada tiga orang berada di suatu desa atau pedalaman, kemudian mereka tidak mengadakan sholat berjama’ah, niscaya setan mengalahkan mereka.

2.      Seorang makmum harus berniat untuk menjadi makmum, sedangkan imam tidak harus berniat untuk menjadi imam. Ini dilakukan agar benar pengikutan makmum kepada imam dan mendapatkan pahala jama’ah berdasarkan hadits, “Sesungguhnya amalan itu tergantung niat.

3.      Murohiq adalah anak yang mendekati baligh, yaitu anak kecil yang telah bisa membedakan yang baik dan yang buruk serta yang benar dan yang salah. Dasarnya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhori (4051) bahwa ‘Amru bin Salamah -rodhiyalloohu ‘anhu- mengimami kaumnya, padahal dia adalah anak yang baru berumur enam atau tujuh tahun.

4.      Laki-laki tidak sah bermakmum kepada perempuan. Abu Dawud (596) dan selainnya meriwayatkan dari Malik bin Al-Huwairits -rodhiyalloohu ‘anhu-, bahwa dia mendengar Rosululloh -­shollallohu ‘alaihi wasallam- bersabda, “Barangsiapa mengunjungi suatu kaum, maka janganlah dia mengimami mereka. Hendaknya yang mengimami adalah seorang laki-laki di antara mereka.

Dari hadits ini kita bisa memahami bahwa seorang perempuan tidak boleh mengimami suatu kaum jika diantara mereka ada laki-laki.

5.      Seorang qori’ tidak boleh bermakmum kepada orang yang ummi. Qori’ adalah orang yang bagus bacaan Al-Fatihahnya, sedangkan ummi adalah orang yang rusak bacaan salah huruf Al-Fatihahnya. Tidak sah bermakmum dengan orang ummi karena membaca Al-Fatihah dengan sempurna adalah rukun, sebagaimana telah Anda ketahui. Sholat orang yang ummi sah untuk dirinya sendiri secara darurat, karena dia tidak mampu untuk belajar.

6.      Tanda mengetahui sholat imam adalah dengan mendengar atau melihatnya, atau mendengar suara orang yang menyampaikan suara imam, atau melihat sebagian shaf.

Alhamdulillaahirobbil-'aalamiin


Wassalaamu'alaikum Warohmatulloohi Wabarokaatuh

Link yang Bersangkutan: KITAB AT-TAQRIB

<'@II<   maH-Taj   ^_^ !!   (21 Jumadil Awal 1433 H)

1 PENDAPAT:

pengisah mengatakan...

postingan yg bagus terus berdakwah sob , salam ukwah

Poskan Komentar

Silahkan Beri Pendapat dan Komentar, jangan sungkan, ana akan sangat senang menerima saran, keritik, atau apapun itu. Silahkaaan...

yAnG IkUt bLoG iNi :

Template by:
Free Blog Templates