Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang


Dengan segala rasa CINTA dan RINDU kepada Junjungan kita semua, Kanjeng Nabi Muhammad -Shollalloohu 'Alaihi Wasallam-. Mari kita semua bersholawat,

اللـّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلـِّمْ عَلـَى سَـيِّـدِنـَا مُحَمَّدٍ وَّعَلـَى اٰلِهِ وَصَحْبـِهِ اَجْمَعِيْنَ


Semoga Hidup Kita Menjadi Lebih Barokah
Semoga Menjadi Insan yang dapat mempertahankan dan kian meningkatkan ibadah untuk memperoleh Ridho Allah -Subhaanahu Wata'ala-
Semoga kita semua dipertemukan dengan Rosululloh -Shollallohu 'Alaihi Wasallam- dan kelak mendapatkan Syafa'at Agung dari beliau di Akhirat.
Ammiin...

<'@II< maH-Taj ^_^ !!


Selasa, 27 Desember 2011

Menyambut Tahun Baru 2012 M


Assalaamu'alaikum Warohmatulloohi Wabarokaatuh


Bismillaahirrohmaanirrohiim

Sebentar lagi pergantian tahun dari tahun 2011 ke tahun 2012. Semua umat manusia di seluruh dunia akan menyambutnya dengan sangat meriah, dengan berjuta-juta kembang api yang akan menghiasi langit di detik-detik pergantian tahun 2012, berjuta-juta suara terompet bergema di seluruh penjuru dunia, setiap manusia berkumpul di suatu tempat untuk berpesta pora merayakan tahun baru, banyak pasangan kekasih (YANG TIDAK HALAL) merayakannya, banyak orang rela tidak tidur hanya untuk merayakan tahun baru.

Wahai saudaraku seiman, seagama, apakah hal diatas merupakan hal yang wajar dan pantas dilakukan oleh kita, umat Islam..??? Apakah Islam mengajarkan untuk merayakan tahun baru atau apapun dengan cara seperti itu..??? Ana katakan TIDAK, TIDAK, dan TIDAK untuk dua pertanyaan diatas, KENAPA???

Mari kita lihat ayat berikut:
"Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi janganlah berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih -lebihan." 
(QS.Al-A'raaf : 31)
Dan perhatikan ayat berikut:
"Sesungguhnya orang-orang yang pemboros itu adalah saudara setan dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya."
(QS. Al-Israa' : 27)

Saudaraku, 2 ayat di atas, menurut ana sudah sangat menjelaskan 2 pertanyaan yang ana sebutkan di atas. Dalam Islam juga ada istilah pesta atau yang sering kita sebut Walimah, tapi tentu saja harus masih dalam batas-batas kewajaran, jangan sampai berlebihan. Allah melarang sikap berlebih-lebihan dalam segala sesuatu.

Nah berkaitan dengan tahun baru, bukannya ana tidak senang dengan datangnya tahun baru, bukannya ana ingin melarang umat islam untuk merayakannya. SILAHKAN saja jika umat islam ingin merayakannya, TAPI JANGAN bersikap berlebihan dan boros (MUBADZIR). Sebaiknya tahun baru dirayakan dengan bersama-ama membaca Al-Quran, dengan mengadakan Syukuran, dengan saling berbagi, saling memberi. BUKAN dengan berfoya-foya, BUKAN dengan MEMBAKAR UANG, BUKAN dengan MENDEKATI ZINA, BUKAN dengan melakukan sesuatu yang tidak ada gunanya. COBA deh renungkan, APA coba gunanya meniup terompet??? Apa gunanya membakar kembang api??? Apa gunanya berkumpul disuatu lapangan dengan berfoya-foya, menunggu datangnya jam 24.00 dengan ngobrol-ngobrol TIDAK JELAS????

Saudaraku, berfoya-foya dan membakar kembang api adalah sikap yang berlebihan dan sikap orang yang pemboros. Meniup terompet adalah sikap memubadzirkan waktu yang berharga, dan sudah pasti dengan melakukan itu semua akan lebih banyak DOSA kita dapatkan daripada pahala. Waktu yang berharga begitu saja berlalu tanpa sesuatu yang bermanfaat. MEMBACA AL-QURAN, MEMBACA BUKU, SYUKURAN bersama keluarga, dan SYUKURAN bersama tetangga akan lebih bermanfaat untuk kita dan tentu saja tidak berdosa.

BUKANKAH akan lebih baik jika uang untuk membeli kembang api dan membeli terompet dibelikan beras atau makanan kemudian dibagi-bagikan kepada saudara-saudara kita yang kurang mampu, yang fakir dan miskin, yang sangat membutuhkan..?????? BUKANKAH akan lebih bermanfaat jika uang untuk membeli kembang api dan membeli terompet dikumpulkan dan digunakan untuk syukuran bersama tetangga-tetangga kita, mengundang fakir miskin, mengundang kaum dhu'afa, bersama-sama berdo'a untuk kebaikan umat????

Saudaraku, ana adalah salah satu orang dari jutaan manusia di dunia ini yang senang dengan datangnya tahun baru, terutama tahun baru ISLAM, tahun baru Hijriyah.


Alhamdulillaahirobbil-'aalamiin
Alhamdulillaahirobbil-'aalamiin
Alhamdulillaahirobbil-'aalamiin
Alhamdulillaahirobbil-'aalamiin
Alhamdulillaahirobbil-'aalamiin
Alhamdulillaahirobbil-'aalamiin, tahun baru 2012 akan segara datang.

Saudaraku, mari kita sambut datangnya tahun baru 2012 dengan berbuat kebaikan, dengan berbuat sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain, dengan MENINGGALKAN perbuatan yang memubadzirkandan pemborosan, dengan saling berbagi sesama saudara kita. Mari sambut tahun baru 2012 dengan mendekatkan diri kepada Allah, dengan memperbanyak ibadah kepada Allah Subhaanahu Wata'ala... Semoga kita termasuk orang-orang yang diberi petunjuk dan termasuk orang-orang yang beruntung. Ammiinn...

Saudaraku, maaf jika dalam postingan ini ada tulisan yang tidak berkenan di hati. Ana tidak bermaksud untuk menggurui. Ana hanya ingin mengajak, mari bersama-sama kita berlomba dalam kebaikan, mari bersama-sama kita muhasabah diri. Harapan ana, semoga hidup kita lebih bermanfaat dan menjadi lebih barokah... Ammiin...

Walloohu A'lam Bishshowab
Alhamdulillaahirobbil-'aalamiin


Wassalamu'alaikum Warohmatulloohi Wabarokaatuh


<'@II<   maH-Taj   ^_^ !!             (2 Shofar 1433 H)

5 PENDAPAT:

covalimawati mengatakan...

memang sehrsnya begitu. makasih sudah diingatkan. Untungnya aku ga suka hura2 di mlm taun baru. Krn ga kuat begadang.. hehe..

Juli suhendri mengatakan...

wah, info nya bagus..
:)
oh iya, ijin memfollow #181 .
di folback ya...

ismanpunggul mengatakan...

Semakin banyak manusia di sekitar kita merasa benar dengan apa yang dilakukan dalam memaknai tahun baru...

Thanjawa Arif mengatakan...

betul sekali sobat, saat ini ummat Islam betul-betul dalam kondisi terkepung budaya-budaya barat yang jelas-jelas bertentangan dengan nilai-nilai keIslaman

Himawan mengatakan...

Budaya tahun baru bukanlah budaya islam. Dewasa ini, remaja-remaja kita sudah terlalu banyak mencontoh kebiasaan yang jelas-jelas tidak ada manfaatnya..

Posting Komentar

Silahkan Beri Pendapat dan Komentar, jangan sungkan, ana akan sangat senang menerima saran, keritik, atau apapun itu. Silahkaaan...

yAnG IkUt bLoG iNi :

Template by:
Free Blog Templates