Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang


Dengan segala rasa CINTA dan RINDU kepada Junjungan kita semua, Kanjeng Nabi Muhammad -Shollalloohu 'Alaihi Wasallam-. Mari kita semua bersholawat,

اللـّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلـِّمْ عَلـَى سَـيِّـدِنـَا مُحَمَّدٍ وَّعَلـَى اٰلِهِ وَصَحْبـِهِ اَجْمَعِيْنَ


Semoga Hidup Kita Menjadi Lebih Barokah
Semoga Menjadi Insan yang dapat mempertahankan dan kian meningkatkan ibadah untuk memperoleh Ridho Allah -Subhaanahu Wata'ala-
Semoga kita semua dipertemukan dengan Rosululloh -Shollallohu 'Alaihi Wasallam- dan kelak mendapatkan Syafa'at Agung dari beliau di Akhirat.
Ammiin...

<'@II< maH-Taj ^_^ !!


Sabtu, 10 Desember 2011

Komunikasi


Assalaamu'alaikum Warohmatulloohi Wabarokaatuh


Bismillaahirrohmaanirrohiim

Manusia adalah makhluk sosial, oleh karena itu manusia membutuhkan orang lain untuk tumbuh dan berkembang, salah satunya dengan cara berkomunikasi antar sesama manusia, bisa dengan cara ngobrol, dengan cara saling mengirimi pesan, melakukan panggilan telepon, dan sebagainya.


Kebersamaan manusia sebagai makhluk sosial sekarang-sekarang ini sudah sangat jarang dirasakan, manusia kini cenderung menjadi individualis, tidak lagi peduli akan kesusahan ataupun kebahagiaan orang lain. Apalagi di zaman yang (bisa dikatakan) modern ini, segala sesuatu diukur dengan kemajuan teknologi, tapi tidak diimbangi dengan moral yang baik. Sepertinya manusia disaat sekarang ini bukan menggunakan teknologi tapi manusia yang digunakan oleh teknologi. Manusia dimanja oleh segala hal yang serba praktis dan instant.

Dan komunikasi tentu mendapat dampak yang sangat besar dengan adanya teknologi yang semakin maju. Dampak positifnya manusia bisa berkomunikasi dengan manusia yang lainnya meskipun berbeda tempat, berbeda sekolah , berbeda kota, berbeda negara, bahkan berbeda benua. Komunikasi menjadi sangat mudah. Dengan adanya internet komunikasi pun menjadi semakin mudah, berbisnis tidak perlu lagi bertatap muka, cukup dengan duduk di depan komputer, tersambung dengan internet, bisnis pun berjalan. Sekarang belanja tidak perlu pergi ke toko, kios-kios atau ke pasar, tinggal duduk di depan komputer, terkoneksi dengan internet, kegiatan jual beli dan belanja pun bisa dilakukan dan menjadi semakin mudah. Dengan adanya Handphone atau HP, jarak ribuan kilometer pun akan terasa begitu dekat, dengan HP manusia bisa berkomunikasi dengan manusia lain yang jaraknya sangat jauh, bisa saling memberi pesan. Tidak perlu lagi burung merpati untuk menyampaian surat, bukan???

Disamping ada dampak positif , tentu saja sudah pasti ada dampak negatifnya yang tentu saja tidak sedikit. Salah satunya adalah manusia sudah tidak lagi mempunyai hubungan yang harmonis dengan sesama manusia. Dengan adanya internet, manusia lebih betah berjam-jam di depan komputer, bermain game, browsing, berkutat di jejaring sosial, daripada berinteraksi dengan manusia lainnya yang lebih nyata. HP semakin cangging, internet menjadi ada di genggaman manusia, jejaring sosial lebih mudah diakses di HP, dengan begitu manusia lebih asyik mengutak-atik HP-nya daripada ngobrol dengan teman satu kelasnya di sekolah. Manusia lebih senang mengakses jejaring sosial di HP dan mengupdate "status" dari pada ngobrol dan berbagi cerita dengan teman sebangkunya saat menunggu Bis. Ada ungkapan yang sering ana dengar "Yang jauh menjadi dekat dan yang dekat menjadi sangat jauh", ungkapan itu memang ada benarnya. Coba saja buktikan, cob lihat di lobby, di ruang tunggu, di Bis, di Angkot, di Busway, di Keretakita bisa lihat orang-orang lebih banyak mengutak atik HPnya dari pada mengobrol atau bercanda dengan temannya, artinya orang-orang itu mengobrol dan asyik bermain jejaring sosial dengan orang yang sangat jauh, bahkan tidak tahu dimana sehingga orang yang jauh tersebut menjadi dekat, sedangkan teman yang jelas-jelas nyata ada disampingnya, yang jelas-jelas teman satu kelas dengannya, yang jelas-jelas satu ruangan di kantornya, yang jelas-jelas berangkat bareng dari kotsannya, malah dianggurkan dengan asyik berjejaring sosial ria dengan orang di dunia maya. Yang jauh jadi dekat yang dekat jadi sangat jauh. Sungguh ironis memang.

Jangan biarkan kemajuan teknologi menjadikan kita manusia yang konsumtif, manusia yang INDIVIDUALIS, karena SUNGGUH saat kau kesusahan, saat kau terkena musibah, saat kau mempunyai masalah, maka yang akan sangat kau butuhkan saat itu adalah orang yang benar-benar nyata ada di dekatmu bukan orang yang ada di dunia maya, yang jauh, dan yang tidak tahu entah berada dimana.

Teknologi hanyalah sebagai sarana untuk memudahkan hidup kita, bukan untuk menjauhkan kita dari hakihat manusia sebagai makhluk sosial. Semaju apapun teknologi yang kita lalui sebaiknya manusialah yang menggunakannya bukan manusia yang digunakan oleh kemajuan teknologi. Lihat lah orang-orang disekitar kita, teman kita, saudara kita, istri kita, suami kita, orang tua kita, semua orang yang ada di dekat kita adalah orang pertama yang akan menolong kita... Cobalah untuk lebih sering menyapa mereka, ngobrol dengan mereka, jalin hubungan yang baik dengan mereka, berkomunikasilah dengan mereka. Karena jika kita terlalu aktif di dunia maya atau berlebihan dalam kehidupan di dunia maya, maka kita akan semakin jauh dari kehidupan nyata... Sesekali cobalah menoleh ke samping dan kebelakang siapa tahu disampingmu atau dibelakangmu sedang ada orang yang akan selalu siap untuk menemani setiap langkah perjalananmu.. Bukankah dunia ini begitu indah jika harus ditinggalkan demi hidup di dunia maya...???

Semoga bermanfaat dan hidup kita menjadi lebih barokah.. Ammiin

Walloohu A'lam Bishshowaab
Alhamdulillaahirobbil-'aalamiin


Wassalaamu'alaikum Warohmatulloohi Wabarokaatuh


<'@II<    maH-Taj   ^_^ !!       (15 Muharrom 1432 H)

2 PENDAPAT:

Beck mengatakan...

Salam.
Memang kemajuan teknologi informasi telah menjadikan ruang sosial dan komunikasi kita makin luas dan menjangkau tempat terjauh, tapi apa daya, kita juga tidak bisa mengelak dari dampak negatifnya, dari sifat individualis, komsumerisme dan mendangkalkan kemampuan berpikir mendalam pada diri kita, terutama dengan hadirnyan gadget dan teknologi internet..jadi kita harus sadar bahwa itu semua adalah sarana, yang mestinya bisa meningkatkan kualitas prilaku/tindakan dan sikap kita..menjadi lebih baik..
Salam.

Zutonx Blog mengatakan...

Ada sisi positif ada juga sisi negatifnya...so kita harus benar2 bisa memanfaatkan sebijaksana mungkin...sehingga sisi negatifnya lambat laun bisa berkurang..

Posting Komentar

Silahkan Beri Pendapat dan Komentar, jangan sungkan, ana akan sangat senang menerima saran, keritik, atau apapun itu. Silahkaaan...

yAnG IkUt bLoG iNi :

Template by:
Free Blog Templates