Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang


Dengan segala rasa CINTA dan RINDU kepada Junjungan kita semua, Kanjeng Nabi Muhammad -Shollalloohu 'Alaihi Wasallam-. Mari kita semua bersholawat,

اللـّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلـِّمْ عَلـَى سَـيِّـدِنـَا مُحَمَّدٍ وَّعَلـَى اٰلِهِ وَصَحْبـِهِ اَجْمَعِيْنَ


Semoga Hidup Kita Menjadi Lebih Barokah
Semoga Menjadi Insan yang dapat mempertahankan dan kian meningkatkan ibadah untuk memperoleh Ridho Allah -Subhaanahu Wata'ala-
Semoga kita semua dipertemukan dengan Rosululloh -Shollallohu 'Alaihi Wasallam- dan kelak mendapatkan Syafa'at Agung dari beliau di Akhirat.
Ammiin...

<'@II< maH-Taj ^_^ !!


Jumat, 07 Oktober 2011

Khataman Al-Quran di Pondok Pesantren DAAR AL TARBIYYAH


Assalaamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokaatuh


Bismillaahirrohmaanirrohiim

Segala puji hanyalah milik Allah, tiada Tuhan selain Allah, Muhammad adalah utusan Allah. Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan atas junjungan alam kanjeng Nabi Muhammad Shollallohu 'Alaihi Wasallam, atas keluarganya dan para sahabatnya...



Begitu banyak ni'mat yang Allah berikan kepada ana dan keluarga ana, begitu banyak rahmat yang Allah curahkan kepada kami, dan begitu banyak cinta yang Allah turunkan kepada hati diantara kami. Salah satu ni'mat, rahmat, dan cinta tersebut adalah Allah memberikan kami kesempatan untuk belajar Al-Quran dan selalu membaca Al-Quran, dan kami selalu berusaha untuk senantiasa mengamalkan isi Al-Quran walau dengan segala keterbatasan dan kekurangan yang kami miliki. Alhamdulillaahirobbil-'aalamiin, salah satu dari keluarga ana yaitu anak kedua dari Orang Tua ana, adik ana yang paling besar, telah belajar dan mengkhatamkan Al-Quran di Pondok Pesantren DAAR AL TARBIYYAH (dibaca: Daaruttarbiyyah) , Rajagaluh, Majalengka, Jawa Barat. Dan Insya Allah tahun depan giliran adikku yang kedua (anak ketiga) menjadi peserta Khotmil Quran. Insya Allah...

Di dalam keluarga kami, mengkhatamkan Al-Quran setelah belajar di Pesantren dalam waktu yang cukup lama adalah suatu hal yang sangat membanggakan, dan bentuk dari apresiasi bagi para santri yang telah mengkhatamkan Al-Quran, pesantren mengadakan pesta atau yang biasa disebut walimah yang lengkapnya disebut "Walimatul Khidaq"dan biasa juga disebut Harlah. Dan untuk tahun ini diadakan pada hari Minggu tanggal 2 Oktober 2011 atau bertepatan dengan tanggal 4 Dzul-qo'dah 1432 H. Dimulai dari jam 13.00 WIB sampai dengan (sekitar) jam 16.30 WIB. Dan sehari sebelumnya seluruh santri mengadakan pawai jalan kaki bersama, berkeliling desa Rajagaluh dan sekitarnya. Itu adalah serangkaian kegiatan dalam rangka "Tasyakkur Khotmil Qur'an, Juz 'Amma dan Wisuda TKA -TPA".

Nah berikut ini ana hadirkan dokumentasi saat dilaksanakannya Walimatul Khidaq atau Harlah di Pon. Pes. Daar Al Tarbiyyah. Wilujeng ningali...

(Acara Harlah Pondok Pesantren Daar Al Tarbiyyah di mulai dengan dibacakannya 'hadhoroh' oleh al-mukarrom K.H Yusuf)

(Yang sebelah kiri yang lagi duduk sendirian di kursi adalah adik dari pengasuh Pon Pes Daar Al Tarbiyyah, nama beliau adalah al-mukarrom K. Miftah Bajury)

(Nah kalau yang dua orang ini adalah moderator atau MC untuk serangkaian acara Harlah.. Dan yang lagi memegang Mik adalah santri PPDT, yang bernama M. Khoirul Umam)

(Santriwan dan santriwati berikut ini adalah peserta Khotmil Juz 'Amma, mereka semua berjumlah 16 santri)

(Nah kalau yang sebelah sana yang memakai toga adalah peserta Wisuda TKA dan TPA Pon Pes Daar Al Tarbiyyah 2011)

(Yang ada di depan dan di baris kedua ini adalah sesepuh desa Rajagaluh, beliau semua semangat untuk hadir dalam acara Harlah ini, dan begitu khusyu' mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Al-Quran yang dibacakan oleh peserta Khotmil Juz 'Amma)

(Bapak-bapaknya juga pada semangat yuaaa.. beliau semua ini adalah para orang tua/wali santri dan para tamu undangan, beliau semua begitu khusyu' mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran.. Alhamdulillaah...)

(Pembacaan Ayat suci Al-Quran yang pertama kali dibacakan oleh putri dari K. Miftah Bajury yang biasa di panggil dengan nama Teteh Muna, yaitu santriwati yang sedang memegang Microphone, selanjutnya semua bergiliran membaca sampai semua dapat gilirannya masing-masing)

(Nah kalau yang duduk di teras ini yang duduk ketiga setelah dua Ibu2 yang memakai kerudung orange yang memakai kerudung putih, beliau adalah Ibunda dari pengasuh Pon Pes Daar Al Tarbiyyah yang bernama Hj. Siti Khadijah atau yang sering disapa Ma H. Ijoh)

(Setelah semua peserta Khotmil Juz 'Amma mendapat gilirannya untuk membacakan Ayat Suci Al-Quran, satu persatu peserta turun dari panggung..)

(Setelah para khotimin Juz 'Amma turun dari panggung, pengasuh Pondok Pesantren DAAR AL TARBIYYAH, al-mukarrom K.H. Harun Bajury (mang H. Ayung) memberikan sambutan)

(Al-mukarrom K.H. Harun Bajury, Pengasuh Pondok Pesantren Daar Al Tarbiyyah, Rajagaluh, Majalengka)

(Para Ibu-ibu tamu undangan begitu serius mendengarkan sambutan dari Pak Kiyai..)

(Yang paling kanan adalah Ketua Badko untuk wilayah 3 Cirebon, yang kedua adalah Mang H. Ayung (Pengasuh), yang ketiga dan keempat adalah Anggota. Beliau berempat adalah yang akan mewisuda santri TKA dan TPA Pon Pes Daar Al Tarbiyyah)

(Acara Wisuda TKA dan TPA Pon Pes Daar Al Tarbiyyah di buka oleh Ketua Badko Wilayah 3 Cirebon)

(Satu persatu peserta Wisuda dipanggil dan di Wisuda oleh beliau berempat)

(Semua peserta Wisuda bergiliran naik ke atas panggung untuk diwisuda... Subhaanallooh... Alhamdulillah. Semoga mereka menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Amiinn..)

(Nah kalau yang satu ini adalah tetangga ana rumahnya sebelah timur rumah ana. Dia biasa dipanggil dengan nama "Euis". Selamat yaaa.. Semoga barokah.. Amiinn)

(Setelah santri peserta Wisuda selesai diwisuda, mereka semua membacakan ikrar janji santriwan santriwati. Dan ketika mereka membacakannya semua tamu undangan di haruskan untuk berdiri..)

(Sambutan dari Kepala Desa Rajagaluh yang mewakili Bapak Camat dan Para wali santri)

(Setelah sambutan dari Bapak Kepala Desa Rajagaluh, satu persatu peserta Khotmil Quran dipanggil untuk naik ke atas panggung)

(Santriwan santriwati peserta Khotmil Quran ini berjumlah sembilan (9) orang, 4 orang laki-laki dan 5 orang perempuan, Alhamdulillaah, barokallohu lakum..)

 (Sebelum para Khotmil Quran membacakan ayat-ayat Al-Quran yang telah ditentukan, terlebih dahulu dibacakan hadhoroh olehal-mukarrom  K.H. Muhammad Bakri, beliau adalah ayahanda dari Istri Mang H. Ayung)


(Ilaa hadhrotin Nabiyyil-mushthofa rosuulillaahi shollallohu 'alaihi wasallam, Alfaatihah...)

(Setelah Hadhoroh dibacakan, para khotmil Quran mulai membaca surat-surat yang telah ditentukan sebelumnya)

 (Mereka membaca Al-Quran dengan baik dan tartil, Subhaanalloh...)

 (Nih kalau yang ini adalah ana sendiri (Tepangkeun nami abdi Tatang Tajudin, hehehe...) dan adik ana yang cantik dan imut...)

 (Oh iyaa, hampir lupa... Diantara keempat khotmil Quran yang laki-laki, salah satunya adalah adik ana, namanya 'Jaja Jamaludin'. Dia duduk di urutan kedua dari kiri (dari sudut pandang yang melihat poto ini), adik ana ini menggunakan Al-Quran berwarna merah jilidnya  yang dulu ana gunakan untuk mengaji dan untuk khataman juga. Alhamdulillah, Qurannya sangat bermanfaat. Barokalloohu Lii walakum...)

 (Yang Pake kerudung merah itu Ibu (dibaca: Mimi) Ana dan anak kecil yang nggak pake kerudung itu adik perempuan ana yang bungsu..)

(Pembacaan Ayat-ayat suci Al-Quran telah selesai, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Do'a Khatam Quran)

(Alloohummarhamnii bil-Quran. Waj'alhu lii imaaman wanuuron wahuudan warohmah. Ammiin Ya robbal-'aalamiin...)

 (Dengan serius dan khusyu' para khotimin mengamini setiap doa yang terucap dari pak Kiyai. Semoga Allah mengabulkan setiap do'a yang dipanjatkan, Ammiin...)

(Selesai membaca do'a khataman, berikutnya adalah Taushiyah atau siraman ruhani. Yang memberikan taushiyah adalah al-mukarrom  K.H. Ni'amillah Aqil Siroj)

(Taushiyah beliau langsung dilanjutkan dengan do'a penutup acara Harlah yang dibacakan juga oleh beliau)

(Selesai do'a penutup, para orang tua santri dan para tamu undangan mulai pada pulang meninggalkan area Pondok Pesantren)

 (Setelah taushiyah utama selesai, ditampilkanlah tim rebana Pon Pes Daar Al Tarbiyyah)

 (Lantunan Sholawat kepada Kanjeng Nabi Muhammad Shollallohu 'Alaihi Wasallam diiringi oleh alat-alat musik, sungguh indah terdengarnya dan memanjakan telinga ini. Subhaanalloh...)

(Ini dia dua orang yang jadi Khotmil Quran yang memakai kain sarung yang sama. Yang pake baju putih adalah adik ana... Subhaanalloh, jadi inget waktu muda yaaa... hehehe)

(Beuh... Photografernya cantik-cantik yaaa. Yang pake Baju Pink itu adalah Teh Ati, Putri nya K.H. Harun Bajury. Kalo yang pake kerudung cokelat itu adalah adik ana, yang biasa dibanggil "Uum". Kalau tiga orang yang memakai baju yang sama adalah santriwati peserta Khotmil Quran... Subhaanalloh...)

(Biar narsis, ana berfoto di depan Mushola Pon. Pes. Daar Al Tarbiyyah...)

(Setelah ana mem'Foto orang lain, ana juga ingin di foto biar jadi bukti Otentik. hehehehe. Ana minta tolong kepada santri, yang bernama Mang Fahru. Haturnuhun nya mang...)

(The last image... Biar Rame gitu lhooo....)


Alhamdulillah selesai juga. Dengan segala kerendahan hati, ana meminta maaf jika ada salah dalam penulisan atau pelafalan. Dan jika dalam posting ini ada hal yang kurang berkenan,silahkan hubungi ana saja, Insya Allah akan segera ana tindak lanjuti. Ana berterimakasih kepada seluruh Santri Pondok Pesantren Daar Al Tarbiyyah yang telah berusaha sekuat tenaga untuk terlaksananya acara Harlah ini. Semoga Alloh membalas kebaikan kalian semua dengan kebaikan yang berlipat ganda. Ammiinn...

Walloohu A'lam Bishshowab
Alhamdulillaahirobbil-'aalamiin

Wassalaamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokaatuh






<'@II<     maH-Taj    ^_^ !!           10 Dzul Qo'dah 1432 H

0 PENDAPAT:

Posting Komentar

Silahkan Beri Pendapat dan Komentar, jangan sungkan, ana akan sangat senang menerima saran, keritik, atau apapun itu. Silahkaaan...

yAnG IkUt bLoG iNi :

Template by:
Free Blog Templates