Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang


Dengan segala rasa CINTA dan RINDU kepada Junjungan kita semua, Kanjeng Nabi Muhammad -Shollalloohu 'Alaihi Wasallam-. Mari kita semua bersholawat,

اللـّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلـِّمْ عَلـَى سَـيِّـدِنـَا مُحَمَّدٍ وَّعَلـَى اٰلِهِ وَصَحْبـِهِ اَجْمَعِيْنَ


Semoga Hidup Kita Menjadi Lebih Barokah
Semoga Menjadi Insan yang dapat mempertahankan dan kian meningkatkan ibadah untuk memperoleh Ridho Allah -Subhaanahu Wata'ala-
Semoga kita semua dipertemukan dengan Rosululloh -Shollallohu 'Alaihi Wasallam- dan kelak mendapatkan Syafa'at Agung dari beliau di Akhirat.
Ammiin...

<'@II< maH-Taj ^_^ !!


Kamis, 03 Maret 2011

Kitab At-Taqrib - Mukaddimah

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

***


Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Semoga Allah selalu melimpahkan shalawat kepada junjungan kita, Nabi Muhammad Shollallohu 'Alaihi Wasallam, beserta keluarga dan para sahabatnya.

Al-Qadhy Abu Syuja' Ahmad bin Al-Husain bin Ahmad Al-Ashfahany Rodhiyallohu 'Anhu berkata: Beberapa orang teman -semoga Allah menjaga mereka- memintaku untuk mengerjakan sebuah kitab ringkas tentang fikih madzhab Imam Syafi'i -semoga rahmat dan keridhoan Allah Ta'ala terlimpah kepadanya- yang benar-benar ringkas dan pendek sehingga mempermudah bagi pelajar dalam mempelajari dan menghafalnya. Mereka juga memintaku untuk memperbanyak bagian-bagiannya dan membatasi permasalahannya. Maka dari itu, saya menyambutnya seraya mengharapkan pahala dan taufik Allah Ta'ala menuju kebenaran. Sesungguhnya Dia mampu melakukan apa yang diinginkan-Nya, Maha Lemah Lembut kepada para hamba-Nya dan Maha Mengetahui.

Penjelasan:
Maksud ungkapanAbu Syuja', "Mereka juga memintaku untuk memperbanyak bagian-bagiannya dan membatasi permasalahannya" , yaitu permasalahan-permasalahan fikih yang dibutuhkan.

***

Alhamdulillaahirobbil-'alamiin... Sesuai dengan postingan yang lalu tentang "Ngaji Fiqih Buat Bekal di Kehidupan Sehari-hari", maka Insya Allah, kita akan memulai Kajian Fiqih dari kitab Matan Al-Ghayah wa At-Taqrib atau yang lebih dikenal dengan At-Taqrib yang dikarang oleh Abu Syuja' Ahmad bin Husain bin Ahmad Al-Ashfihani, beliau lahir pada tahun 433 H, di kota Ashfihan, Iran.


Yang diatas adalah Mukadimah dari kitrab At-Taqrib. Posting kali ini akan kita mulai dengan Mukaddimahnya terlebih dahulu. Dan berikutnya akan kita bahas seluruh aspek dalam ilmu fikih yang terdapat dalam Kitab At-Taqrib. Insya Allah..


Dengan rujukan dari Kitab At-Taqrib yang ana punya dan dari kitab At-Tadzhiib Fii Adillah Matan Al-Ghaayah wa At-Taqriib karya Prof. Dr. Musthafa Dib Al-Bugha, Semoga Allah akan senantiasa memberikan tuntunan-Nya, memberikan rahmat-Nya dan memberikan Ni'mat-Nya kepada Pengarang Kitab At-Taqrib "Abu Syuja'" dan kepada Bapa Prof. Dr. Musthafa Dib Al-Bugha, serta kepada kita semua yang mau belajar Ilmu Agama tentang Fiqih dan mau mengamalkan Ilmunya untuk dibagikan kepada segenap Umat Islam. Amiin..

Jika dalam penulisan atau penyampaian yang ana tulis dalam blog ini terutama postingan tentang isi dari kitab At-Taqrib ada kesalahan maka itu merupakan murni kesalahan dari ana sendiri, tapi ana sangat mengharapkan saran dan kritiknya untuk segala bentuk perbaikan yang bisa menjadikan lebih baik di kesempatan yang lain. Syukron.


Alhamdulillaahirobbil-'aalamiin


Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh




<'@II<  maH-Taj  ^_^ !!   (28 Robi'ul Awal 1432 H)

0 PENDAPAT:

Posting Komentar

Silahkan Beri Pendapat dan Komentar, jangan sungkan, ana akan sangat senang menerima saran, keritik, atau apapun itu. Silahkaaan...

yAnG IkUt bLoG iNi :

Template by:
Free Blog Templates