Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang


Dengan segala rasa CINTA dan RINDU kepada Junjungan kita semua, Kanjeng Nabi Muhammad -Shollalloohu 'Alaihi Wasallam-. Mari kita semua bersholawat,

اللـّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلـِّمْ عَلـَى سَـيِّـدِنـَا مُحَمَّدٍ وَّعَلـَى اٰلِهِ وَصَحْبـِهِ اَجْمَعِيْنَ


Semoga Hidup Kita Menjadi Lebih Barokah
Semoga Menjadi Insan yang dapat mempertahankan dan kian meningkatkan ibadah untuk memperoleh Ridho Allah -Subhaanahu Wata'ala-
Semoga kita semua dipertemukan dengan Rosululloh -Shollallohu 'Alaihi Wasallam- dan kelak mendapatkan Syafa'at Agung dari beliau di Akhirat.
Ammiin...

<'@II< maH-Taj ^_^ !!


Sabtu, 26 Februari 2011

Renungan : Proses Bersosialisasi


Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh


Bismillaahirrohmaanirrohiim

"Wahai manusia ! Sungguh, kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sungguh, yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha mengetahui, Maha Teliti"
(Q.S. Al-Hujuraat: 13)

Mungkin kita bisa bersikap seenaknya dan hanya berfokus
pada diri kita sendiri, hidup dengan cara kita sendiri. Tapi kita tidak boleh lupa bahwa kita juga hidup dalam dunia yang sama dengan orang lain sehingga mengharuskan kita bersosialisasi. Perhatikan ayat Al-Quran yang tersebut di atas. Manusia diciptakan dengan keadaan yang bermacam-macam dengan tujuan untuk saling mengenal dan saling menghargai, bukan untuk saling menghina dan mengasingkan satu sama lain.


Tidak ada manusia yang mampu hidup seorang diri untuk bisa mencapai perkembangan yang maksimal, bahkan di tempat terisolasi sekalipun. Kita diciptakan untuk hidup bersama, saling berinteraksi dan saling mengisi. Dalam proses itu pastilah terjadi benturan-benturan, oleh karena itu dibuatlah aturan-aturan baik tertulis maupun tidak tertulis agar semuanya berjalan dengan lancar. Dan Al-Quran juga Hadits serta Ijma' para Ulama adalah sumber hukum yang mengatur setiap sendi kehidupan setiap muslim di dunia ini, yang menjadikan manusia tidak tersesat kejalan yang salah dan berdosa kepada Allah Subhanahu Wata'ala. Aturan-aturan atau hukum juga dibuat berbeda disetiap negara dalam bentuk Undang-undang, tentu saja dengan tujuan agar terjadi keteratuaran di negara-negara yang membuat hukum, dan agar tercipta kenyamanan bagi setiap warga negaranya. 

Selain aturan yang bisa saja dilanggar, setiap orang juga harus mempunyai kesadaran akan kepentingan bersama. Tidak bisa hanya mementingkan diri sendiri. Meskipun dalam dunia penuh kekerasan dan egoisme ini nampaknya hal itu sulit terwujud. Tidak rugi khan, kalau kita memulainya dari diri kita masing-masing ??

"Dan Sungguh, inilah jalan-Ku yang lurus. Maka ikutilah! Jangan kamu ikuti jalan-jalan (yang lain) yang akan mencerai-beraikan kamu dari jalan-Nya. Demikianlah Dia memerintahkan kepadamu agar kamu bertakwa"
(Q.S. Al-An'aam: 153)

Alhamdulillaahirobbil-'aalamiin


Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

<'@II<   maH-Taj   ^_^ !!   (23 Robi'ul Awal 1432 H)

0 PENDAPAT:

Posting Komentar

Silahkan Beri Pendapat dan Komentar, jangan sungkan, ana akan sangat senang menerima saran, keritik, atau apapun itu. Silahkaaan...

yAnG IkUt bLoG iNi :

Template by:
Free Blog Templates