Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang


Dengan segala rasa CINTA dan RINDU kepada Junjungan kita semua, Kanjeng Nabi Muhammad -Shollalloohu 'Alaihi Wasallam-. Mari kita semua bersholawat,

اللـّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلـِّمْ عَلـَى سَـيِّـدِنـَا مُحَمَّدٍ وَّعَلـَى اٰلِهِ وَصَحْبـِهِ اَجْمَعِيْنَ


Semoga Hidup Kita Menjadi Lebih Barokah
Semoga Menjadi Insan yang dapat mempertahankan dan kian meningkatkan ibadah untuk memperoleh Ridho Allah -Subhaanahu Wata'ala-
Semoga kita semua dipertemukan dengan Rosululloh -Shollallohu 'Alaihi Wasallam- dan kelak mendapatkan Syafa'at Agung dari beliau di Akhirat.
Ammiin...

<'@II< maH-Taj ^_^ !!


Kamis, 18 Maret 2010

KESEMPATAN dan JANJI

 بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ


وَلَا تَقُولَنَّ لِشَيْءٍ إِنِّي فَاعِلٌ ذَلِكَ غَداً


Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan terhadap sesuatu: Sesungguhnya aku akan mengerjakan itu besok pagi, (QS. Al Kahfi (18):23)  

إِلَّا أَن يَشَاءَ اللَّهُ وَاذْكُر رَّبَّكَ إِذَا نَسِيتَ وَقُلْ عَسَى أَن يَهْدِيَنِ رَبِّي لِأَقْرَبَ مِنْ هَذَا رَشَداً
kecuali (dengan menyebut): Insya Allah. Dan ingatlah kepada Rabbmu jika kamu lupa dan katakanlah: Mudah-mudahan Rabbku akan memberiku petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya daripada ini. (QS. Al Kahfi (18):24)


KESEMPATAN, JANJI,

Dua Ayat di atas sudah sangat jelas bagaimana Allah menjelaskan tentang menyikapi suatu kesempatan, dan janji yang kita ucapkan. 

Allah Subhanahu Wata'ala melarang manusia untuk mengabaikan kesempatan, menunda pekerjaan, dan mengumbar janji... Ketika datang suatu kesempatan atau sesuatu yang harus dikerjakan jangan sampe berkata "nanti" atau jangan tunngu sampe besok, karena Allah memberikan kesempatan itu hanya sekali saja, tidak ada kesempatan yang kedua. karena hal yang terjadi saat ini (waktu sekarang) adalah hal yang real yang sedang terjadi, ketika hal itu terlewatkan maka hal tersebut tidak akan pernah kembali lagi kepada kita, itu berarti hanya satu kesempatan untuk hidup kita. Adapun kalau hal tersebut terjadi kembali diwaktu yang lain setelah saat itu, maka hal itu adalah hal yang berbeda yang nggak akan pernah sama walaupun kejadian dan tempatnya sama, karena tidak terjadi diwaktu yang sama dan pasti dengan resiko atau hasil yang berbeda dari saat dimana kita melewatkan kesempatan itu. Dan kita tidak pernah tahu sampai kapan AJAL kita kan datang, bisa saja satu detik kemudian, satu jam kemudian, So... Kesempatan. take it and don't skip it.

Satu hal yang banyak orang lakukan ketika ingin melakukan sesuatu adalah "berjanji", berjanji untuk datang, berjanji untuk tidak melakukannya lagi, berjanji akan lebih baik, berjanji untuk mencintai selamanya, berjanji , berjanji, berjanji dan berjanji... dan kebanyakan orang juga lupa pada hal yang terpenting. Hal yang terpenting itu adalah menggantungkan segalanya hanya kepada Allah Subhanahu Wata'ala dan hanya berjanji atas nama Allah saja. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengucapkan "Insya Allah" ketika kita hendak berjanji, dan janji itu wajib ditunaikan, jangan sampai diingkari. Jangan beranggapan bahwa dengan mengucapkan 'Insya Allah', kita bisa mengingkari janji, dan menjadikannya alasan untuk mengingkari janji. Karena ada ungkapan 'Janji adalah hutang, dan setiap hutang harus dibayar'.Dan juga dengan mengucapkan "Insya Allah", janji tersebut berarti menjadi lebih kuat dari hanya sekedar janji dengan tanpa mengucapkan "Insya Allah", bukan malah dengan mudahnya kita menggunakan "Insya Allah" untuk tidak menempati janji dan mengatakan "kan jika Allah mengijinkan, jika saya tidak datang berarti Allah tidak mengijinkannya". itu merupakan SALAH KAPRAH yang sangat salah. 
Diantara kita tentunya tidak ada yang suka kepada orang yang selalu mengingkari janji, selalu banyak alasan jika tidak menempati janji. jadi... Orang pun tidak akan suka kepada kita jika kita tidak menempati janji kepada mereka, dan kita akan kehilangan kepercayaan dari mereka. Na'udzu billahi min dzalik.
Orang yang baik selalu menempati janji, orang yang baik tidak bersikap munafik.

Tepati janji, keep your promise.. jangan sia-siakan kesempatan, don't miss the opportunity.
Semoga bermanfaat dan hidup kita bisa lebih barokah.. Amiin.


الْحَمْدُ للّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ



<'@~  maH-Taj ^_^ !    (02 Robi'ul Akhir 1431 H)

2 PENDAPAT:

Orkid awek mengatakan...

Semoga Barokah..InsyaAllah..:)

ABC mengatakan...

makasi banyak ilmunya akhi. semoga barokah

Posting Komentar

Silahkan Beri Pendapat dan Komentar, jangan sungkan, ana akan sangat senang menerima saran, keritik, atau apapun itu. Silahkaaan...

yAnG IkUt bLoG iNi :

Template by:
Free Blog Templates