Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang


Dengan segala rasa CINTA dan RINDU kepada Junjungan kita semua, Kanjeng Nabi Muhammad -Shollalloohu 'Alaihi Wasallam-. Mari kita semua bersholawat,

اللـّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلـِّمْ عَلـَى سَـيِّـدِنـَا مُحَمَّدٍ وَّعَلـَى اٰلِهِ وَصَحْبـِهِ اَجْمَعِيْنَ


Semoga Hidup Kita Menjadi Lebih Barokah
Semoga Menjadi Insan yang dapat mempertahankan dan kian meningkatkan ibadah untuk memperoleh Ridho Allah -Subhaanahu Wata'ala-
Semoga kita semua dipertemukan dengan Rosululloh -Shollallohu 'Alaihi Wasallam- dan kelak mendapatkan Syafa'at Agung dari beliau di Akhirat.
Ammiin...

<'@II< maH-Taj ^_^ !!


Selasa, 02 Februari 2010

Harapan yang Sangat Besar

Allah Subhanahu Wata'ala berfirman: "maka hendaklah kamu menghadapkan wajahmu ke arah Masjidil Haram" (Q.S. al-Baqoroh [2]:144).

Shalat di Masjidil Haram memiliki pahala berlipat ganda. sekali Shalat  di Masjidil Haram sama dengan shalat 100.000 kali di mesjid lainnya. Shalat  di Masjidil Haram setara dengan keutamaan shalat selama 55 tahun, 6 bulan, dan 20 malam di mesjid yang lain.

Mekah menjadi tempat yang sangat bersejarah bagi kalangan muslim, bukan hanya karena ia menjadi tempat kelahiran Kanjeng Nabi Muhammad SAW. Ia menjadi sangat istimewa, karena disitulah wahyu pertama diturunkan. Tonggak awal dari ajaran Islam di kumandangkan dari kota para Nabi ini.

Mekkah adalah salah satu contoh yang sangat konkrit, nyata dan tidak bisa dibantah, bahwa ribuan orang datang dari berbagai penjuru dunia, tidak membedakan ras dan golongan dan semuanya melantunkan " Labbaikallahumma labbaik, labbaika laa syarika laka labbaik..." mengumandangkan takbir, tahmid, tashbih dan tahlil mengagungkan Dzat Yang Maha Perkasa Allah Subhanahu Wata'ala. Semuanya berumpul di satu titik memutari ka'bah sebanyak 7 kali putaran (thawaf), melaksanaknan ibadah hanya kepada Allah SWT, yang di sebut dengan Ibadah Haji. Dimulai dengan bersiap-siap Ihram, menggunakan pakaian Ihram, kemudian niat ber Ihram di miqat yang telah di tentukan, kemudian setelah datang ke Masjidil Haram langsung melaksanakan Thawaf Qudum, setelah melakukan Thawaf segera melaksanakan Sholat dua reka'at ini hukumnya wajib. setelah melaksanakan aktifitas thawaf, maka segera melaksanakan sa'i, sa'i merupakan rukun ke tiga dari rukun haji. Wukuf adalah rukun haji yang ke empat, merupakan rukun yang paling penting dan utama dari rukun haji karena pelaksanaannya hanya bisa dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah. Setelah melaksanakan wukuf dengan menghabiskan sebagian waktu siang tgl 9 dzulhijjah dan sebagian dari waktu malam tanggal 10 dzulhijjah, maka pada malam harinya sekitar setelah maghrib seorang muhrim (orang yang sedang berIhrom Haji) segera bertolak menuju Muzdalifah untuk melaksanakan mabit (bermalam), setelah menyelesaikan aktifitas mabit di muzdalifah, maka para Muhrim diharuskan segera berangkat menuju mina untuk menjalankan kewajiban haji berikutnya yaitu melontar jumrah 'aqabah. setelah tiba di Mina ada 3 hal yg harus dikerjakan yaitu melontar jumrah 'aqabah, melakukan qurban, kemudian selanjutnya melaksanakan tahallul ashghar. kemudian segera kembali ke mekkah pada hari 'Idul Adha tanggal 10 Dzulhijjah untuk menyelesaikan sisa dari rukun-rukun haji, yakni yang pertama melaksanakan Thawaf Ifadhah, kemudian yang keduanya melaksanakan Sa'i, yang terakhir melakukan Tahallul akbar (tahallul besar) yang berarti tdk ada lagi larangan yg sebelumnya berlaku ketika berihrom. kemudian setelah selesai melaksanakan rukun dan kewajiban haji, selanjutnya berangkat kembali ke mina untuk mengerjakan kewajiban-kewajiban haji yaitu bermalam di Mina pada hari tasyrik dan melontar jumroh Ula, Wustha, dan Aqabah selama 2 hari (Nafar Awal) atau selama 3 hari (nafar Tsani). Dengan berakhirnya pelaksanaan lontar jumroh pada hari-hari tasyrik, maka rangkaian ibadah haji telah berakhir, dapat dikatakan telah sempurna haji seseorang.
Shodaqollohul 'Azhim.

Ya Allah Sampaikanlah umurku untuk bisa berkunjung ke RumahMu yang mulia... dan dapat melaksanakan Haji. Amiinnn...


<@' maH-Taj ^_^!

0 PENDAPAT:

Posting Komentar

Silahkan Beri Pendapat dan Komentar, jangan sungkan, ana akan sangat senang menerima saran, keritik, atau apapun itu. Silahkaaan...

yAnG IkUt bLoG iNi :

Template by:
Free Blog Templates